BREAKING NEWS

Friday, September 16, 2022

Mengulik Dimensi Pelajar Pancasila dalam Keseharian Anak-Anak

Dikutif dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila, pengertian dari Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

 
Mengulik Dimensi Pelajar Pancasila dalam Keseharian Anak-Anak
Sumber: Dokumentasi 2021



Mari kita ulik satu persatu dari keenam dimensi pelajar Pancasila tersebut dalam keseharian anak-anak di sekitar kita.

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

· Beribadah sesuai dengan agama yang di anutnya

· Belajar mengaji

· Mengisi keropak masjid semampunya

· Mengucapkan salam ketika berangkat dan pulang sekolah kepada kepada orangtu dan anggota keluarga yang ada

· Mencium tangan kedua orangtuanya serta orang yang lebih tua ketika bersalaman

· Menyayangi kedua orangtua serta anggota keluarga yang lain

· Berbakti pada kedua orangtua

· Menghormati tetangga

· Menghargai teman

· Berdoa sebelum dan sesudah makan

· Mengucapkan salam ketika bertemu Bapak dan Ibu Guru di sekolah

· Mencium tangan Bapak dan Ibu Guru ketika masuk kelas dan pulang sekolah

· Mengumpulkan sisa uang jajan untuk menjenguk teman yang sakit

· Membantu mengasuh adik

· Sopan santun sama kedua orangtua maupun tetangga

· Berbicara dengan baik dan sopan

2. Berkebinekaan global

· Saling menghargai perbedaan

· Saling menghormati perbedaan

· Berlatih seni dan budaya (Misalnya ikut latihan pencak silat,Jaipongan,serta ikut latihan seni dan budaya daerah lain)

· Bersosialisasi dengan teman yang berbeda Suku,Agama,Ras maupun Adat istiadat yang ada di wilayahnya

3. Bergotong royong

· Membantu orangtua

· Membersihkan rumah (Menyapu lantai,Ngepel lantai)

· Membantu mencuci bersama Ibu

· Mengisi bak mandi

· Membantu memasak di dapur

· Membantu menyetrika pakaian

4. Mandiri

· Mencuci baju sendiri

· Mandi sendiri

· Makan sendiri,tidak disuapin oleh Ibu

· Membereskan kamar tidur sendiri

· Membersihkan kamar tidur sendiri

· Mengerjakan PR sekolah sendiri

5. Bernalar kritis

· Selalu bertanya ketika menemukan sesuatu yang tidak dipahami dan tidak di mengerti baik di rumah maupun di sekolah.

· Peduli dengan kondisi lingkungan di sekitarnya dan berusaha kritis misalnya tidak senang melihat lingkungan kotor baik di lingkungan sekolah maupun rumah dan berusaha membuat aksi dengan membersihkannya.

6. Kreatif

· Membuat mainan sendiri

· Memasak (Dengan bimbingan orangtua) sendiri

· Menatap perabotan rumah

· Menata kamar tidur sendiri

· Menghias kamar tidur sendiri

· Menghias ruang tamu

· Menata taman di sekitar rumah

· Menata ruang kelas

· Menata taman sekolah

· Menghiasi majalah dinding

Demikian hasil ulikan penulis, berdasarkan pada realitas kehidupan anak-anak yang berada di sekitar penulis. Mungkin masih banyak lagi yang belum bisa diulik oleh. Untuk itu silakan para pembaca menambahkan di kolom komentar, untuk menambah referensi bagi penulis serta bermanfaat bagi yang lain.

Terimakasih!Kurang lebihnya mohon maaf. Ini semua penulis tuliskan sebagai bahan untuk menambah wawasan penulis, dan mudah-mudahan bermanfaat bagi yang lain.

Tulisan ini sudah Pernah Dimuat di beritadisdik.com pada tanggal 14 Juli 2022

Penulis
Suherman Komara
SDN 1 CIRAJA
Founder Komunitas Guru Penulis (TARULIS) Kec. Cipeundeuy

Post a Comment

 
Copyright © 2022 PGRI CABANG CIPEUNDEUY Dioprek Inan Kito.